Pages

Friday 21 October 2011

MEMBENTUK SIX PACK :D

ada 2 bentuk sit up:
1. sit up pemanasan : sit up yg dilakukan tanpa aturan naFas, cepat dan hanya berfungsi mengencangkan otot luar, biasanya untuk memperindah tubuh dgn bentuk sixpack.
2. sit up otot dalam : sit up dengan aturan dan RITMA nafas yg berfungsi mengencangkan otot dalam dan organ tubuh bahagian dalam. biasanya untuk olah raga lasak seperti thai box, kateda, free fighting dan yang paling utama untuk kesihatan. memperkuat organ dan daya tahan sexual. dan lainnya.



Langkah2nya :
1. Sit UP tiap bangun tidur dan sebelum tidur @ 20 x 6
2. Push up tiap bangun tidur dan sebelum tidur @ 20 x 6

selangselikan latihan ini
Dan jangan lupa sering minum air yang banyak , Penting !!!


sit up untuk otot dalam memiliki gerakan yang sama dengan sit up biasa hanya saja di iringi dengan aturan ritma nafas yang teratur, dengan adanya aturan nafas ini bukan hanya otot perut dalam saja yang kuat tapi juga punggung & rusuk. caranya mudah saja:
, terlentang letakkan tgn di belakang kepala dan tenangkan pikiran.
atur nafas sehingga pada saat menarik nafas adalah 7 saat lalu tahan selama 2 saat dengan perut di tarik kedalam sedikit setelah itu buang selama 7 saat.
setelah nafas teratur maka tarik napas 7 saat lalu tahan setelah itu naik perlahan sehingga mencium lutut (bila mampu) lalu kembali terlentang perlahan setelah benar benar terlentang baru buang napas 7 saat, lakukan hal ini 5 kali untuk pertama kali. lalu jumlah situp diperbanyak sesuai kemampuan. tapi ingat selama tarik n buang napas harus  7 saat kerana kesannya bila tdk teratur akan sedikit tdk mnjadi.
setelah itu lakukan sit up leg rise (posisi V) dengan aturan nafas yg sama.
belajarlah menahan nafas dengan baik dengan hitungan td dalam keadaan bersila mengahadap cermin sehinga anda tahu bahwa otot leher anda tidak tegang
selamat mencoba
biasanya ada dua macam keinginan orang tentang mengencangkan otot perut, satu ingin membentuk perutnya saja sehingga ada sixpack yang kedua ingin perut datar  tapi memiliki otot perut yang sangat kuat. orang yg memiliki bentuk sixpack belum tentu memiliki otot perut yang kuat,mungkin keras tapi tidak untuk dikatakan kuat.
sit up memang adalah cara terbaik membentuk perut tanpa peralatan tapi tahapan pun penting karena tidak setiap orang kuat melakukan situp sebanyak 20 langsung apalagi dikali beberapa kali, sebaiknya pemula melakukan peregangan dulu ketika bangun tidur baru sit up itupun dimulai dengan misalnya 5 kali lalu setelah tiga hari baru 8 atau 10 kali. ingat untuk jangan pernah memaksakan otot anda, otot bila terluka atau sobek maka akan lama untuk menyembuhkannya. kebanyakan pemula yg melakukan sit up berlebih dari posisi seharusnya malahan mendapat otot perut yang kendur dan malah terlihat seperti buncit dan akan sulit mendapat sixpack dambaannya
klu mau situp,tgn kn ke belakang supaya beratny jatuh ke blakang and bukanny ke depan jadi angkat perutny lebih kerasa,kl mau yg angkat setengah jg boleh tp klu utk beginner seharusnya tgn dletak d blakangklu sixpax da nmpak,baru leh main sparuh,untuk mmantapkannya sahaja,klu perut sudh rata n trbentuk,barulah sng utk wt latihan tiap2 hari (main 3-5 set dg 10-20 kali tiap set)

utk badan yg berisi dinasihatkan bykkan latihan kardi spt jogg,barulah latihan mmbntuk otot perut lebih senang.


Sit up
Latihan untuk otot perut bagian atas
Duduklah di karpet lalu tekuklah kaki , jika berlatih pada sit ups bench ltkkan kaki pada tempat yang tersedia. Silangkan tangan di dada
keraskan perut , lalu turunkan badan ke bawah, tahan sebentar, lalu kembali ke posisi semula.
Jangan melakukan gerakan sampai punggung menyentuh lantai/bench.
Lakukan gerakan dengan perlahan.
Saat kembali ke posisi awal otot perut tetap dikencangkan dan rasakan tekanan pada otot perut saat posisi badan mendekati paha.
 cuba 15-50 kali tergantung brgntung pd kmampuan,jgn trlalu mmaksa.
"Kalau masih terasa terlalu ringan, tambah dengan beban, tapi jangan terlalu berat,


Leg raises
Latihan untuk otot perut bagian bawah
Ini biasanya yang paling susah,  caranya:
Berbaringlah di bangku/lantai datar dan tangan berpegangan pada ujung bangku dibelakang kepala anda, Atau jika dilantai letakkan tangan dibelakang pinggang atau dibelakang kepala. Dengan posisi kaki sedikit bengkok, angkat kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat.
Tahan sebentar lalu perlahan kembali ke posisi semula.


Side to side
Latihan untuk otot perut bagian samping
Berdiri tegap dengan kedua tangan memegang dumbbell.
Posisi tangan lurus di samping badan.
Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kiri sampai otot samping perut merasakan tekanan. Tahan sebentar, kembali ke posisi awal.
Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kanan sampai otot samping perut merasakan tekanan.
Kembali ke posisi awal.
Saat tubuh bergerak ke samping jaga agar tubuh tetap tegak dan tidak membungkuk atau condong ke depan.
"Hati hati jangan terlalu mmaksa dan hindari beban terlalu berat, karena apabila terlalu berat boleh menyebabkan cedera pada pinggang."

Lakukanlah latihan perut kurang lebih tiga kali seminggu disertakan dengan program latihan beban lainnya dan tentunya diet dengan kalori dan nutrisi yang seimbang.hndari mknn berlemak,bykkan sayuran.



Tinggi badan -110 = Berat badan ideal

misal tinggi  170 Cm tolak 110 hasilnya 60 Kg

No comments:

Post a Comment

GaTaLkAn TaNgAn AnDa UtK KoMeN.HaHa